Algoritma C4.5 untuk menentukan klasifikasi tingkat pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman

Dhea, Halimah and Muhammad, Ridwan Lubis and Widodo, Saputra (2022) Algoritma C4.5 untuk menentukan klasifikasi tingkat pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika, 1 (3): 3. pp. 24-38. ISSN 2963-8208

[thumbnail of 2963-8208_1_3_2022-3.pdf]
Preview
Text
2963-8208_1_3_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (900kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan klasifikasi dalam menentukan tingkat pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman dengan menggunakan metode data mining C4.5. Dengan mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa, pihak prodi dapat memberi masukan yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan kepada para dosen dalam melaksanakan program kegiatan belajar mengajar terhadap mahasiswa dan dapat lebih meningkatkan pembelajaran apabila tingkat pemahaman sudah baik. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan kepada Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar semester 4 dan semester 6 prodi sistem informasi. Adapun Kriteria yang digunakan diantaranya Minat Mahasiswa (C1), Motivasi (C2), Komunikasi (C3), Media Pembelajaran (C4), Sarana dan Prasarana (C5). Proses uji penelitian mengunakan software RapidMiner untuk membuat pohon keputusan. Dari hasil pengolahan C4.5 dengan menggunakan bantuan software RapidMinner adalah atribut C2 (Motivasi) menjadi atribut yang paling berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada matakuliah bahasa pemrograman dan data performance yang ditunjukkan terhadap kesesuaian metode C4.5 akurasinya adalah 84.38%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4.5, Data mining, Klasifikasi, Matakuliah, Tingkat pemahaman, Classification, Computer programming
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Computers, Control & Information Theory > Data Files
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:01
Last Modified: 01 Apr 2024 08:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27650

Actions (login required)

View Item
View Item