Kondisi gonad ikan pelangi merah Glossolepis incises di Danau Sentani, Papua

Gadis, Sri Haryani and Syahroma, Husni Nasution (2015) Kondisi gonad ikan pelangi merah Glossolepis incises di Danau Sentani, Papua. In: Prosiding Seminar Nasional Limnologi VII, 16 Sep 2014, Gedung APCE, Cibinong Science Centre-Botanical Garden.

[thumbnail of Prosiding_2014_Gadis Sri Haryani _56-67.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2014_Gadis Sri Haryani _56-67.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ikan pelangi merah Glossolepis incisus adalah ikan hias berwarna kuning kemerahan yang merupakan ikan asli yang hidup di Danau Sentani. Penelitian kondisi gonad ikan pelangi merah telah-dilakukan pada bulan April 2014. Tujuan penelitian ini mengkaji perkembangan gonad ikan pelangi-merah jantan dan betina secara histologi, untuk memperoleh informasi yang rinci mengenai perkembangan sel-sel gonad sebagai salah satu aspek reproduksi ikan pelangi merah. Sampel ikan-pelangi ikan diambil dengan menggunakan jaring insang eksperimen berukuran mata jaring ¾, 1, 1½,-2, dan 3 inci selama 2-3 jam. Ikan ditimbang berat dan diukur panjang tubuh, kemudian gonad diambil-dan difiksasi dengan larutan bouin alcohol. Selanjutnya dibuat preparat histologi dengan pewarnaan-Hematoxylin dan Eosin. Dari hasil penelitian pada ikan pelangi merah jantan dan betina berada pada-TKG II-IV. Kondisi gonad baik jantan (ukuran panjang tubuh 7,0-10,5 cm; berat tubuh 3,0-10,5 gr)-maupun betina (panjang tubuh 6,9-10,3 cm; berat tubuh 3,1-9,4 gr) berisi sel-sel oosit dan sperma-dengan perkembangan I-IV. Gonado Somato Index (GSI) ikan jantan berkisar antara 0,19-0,59 terdiri-dari kluster-kluster berisi sel spermatogonia, spermatosit, spermatid, dan sperma. GSI ikan betina-0,33-2,68, dengan diameter telur berkisar antara 7,0-8,0 μm untuk oosit TKG IV; 3,0-6,9 μm TKG III;-2,0-2,5 μm TKG II; 0,5-2,0 μm oogonia TKG I. GSI ikan jantan lebih kecil dibandingkan ikan betina. Berdasarkan komposisi sel telur dan sperma yang tidak homogen dalam gonad jantan dan betina-memperlihatkan bahwa sel-sel tersebut berada pada tahap perkembangan yang beragam. Ikan pelangi-merah termasuk ikan yang berpijah secara parsial dan mulai matang gonad pada ukuran panjang tubuh-7 cm.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gonad, ikan pelangi, histologi, dan Danau Sentani, Glossolepis incises, Lake Sentani, Histology, Gonads
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:19
Last Modified: 10 Oct 2023 02:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

View Item
View Item