Pengujian pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate menggunakan ekonometrika Ordinary Least Squares (OLS) dan Instrument Variable (IV)

Andika, Arisandi (2022) Pengujian pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate menggunakan ekonometrika Ordinary Least Squares (OLS) dan Instrument Variable (IV). Jurnal Survei dan Penilaian, 28 (-): 1. pp. 1-12. ISSN 2654-542X

[thumbnail of 2654-542X_28_Nov_2022-1.pdf]
Preview
Text
2654-542X_28_Nov_2022-1.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode ekonometrika Ordinary Least Squares (OLS) dan Instrument Variable (IV). Penggunaan instrument variable karena adanya isu potensi permasalahan endogenitas dan kesalahan pengukuran (measurement error) pada variabel tax avoidance. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini yaitu 45 perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Frekuensi data yang dikumpulkan adalah data tahunan yaitu data laporan keuangan kurun waktu tahun 2016 s.d. 2020. Hasil pengujian pada penelitian ini adalah pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tax avoidance berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarakan hasil regresi OLS, mengasumsikan variabel lain tetap, setiap kenaikan 1 persentase poin dari tax avoidance akan menyebabkan kenaikan rasio nilai perusahaan sebesar 0,047. Berdasarkan hasil regresi instrument variabel, mengasumsikan variabel lain tetap, setiap kenaikan 1 persentase poin dari tax avoidance akan menyebabkan kenaikan rasio nilai perusahaan sebesar 0,177.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tax avoidance, Nilai perusahaan, Properti dan real estate, Ordinary Least Squares, Instrument variabel, Property.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:03
Last Modified: 28 Feb 2024 04:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item
View Item