Aplikasi pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Metode IBL (Inquiry Based Learning) berbasis zone activity di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan

Achmad, Dicky Santoso and Sholikah, Sholikah and Heny, Kusmawati (2023) Aplikasi pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Metode IBL (Inquiry Based Learning) berbasis zone activity di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan. Journal of Student Research (JSR), 1 (1): 18. pp. 238-248. ISSN 2963-9859

[thumbnail of 2963-9859_1_1_2023-18.pdf]
Preview
Text
2963-9859_1_1_2023-18.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menerangkan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri berdasarkan aktiviti yang diaplikasikan di Mts Tarbiyatul Islamiyah Lengkong. Kajian ini adalah kajian lapangan. Kaidah yang digunakan pengkaji untuk menyusun kajian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan contoh berdasarkan analisis taksonomi (pengkelasan) kebimbangan dalam salah satu kawasan dan hanya dengan satu ciri umum. Data dikumpulkan melalui pemerhatian dan dokumen. Kajian ini merupakan aplikasi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam yang menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri berdasarkan aktiviti di Mts Tarbiyatul Islamiyah Lengkong yaitu mengklasifikasikan pembelajaran setiap pelajar contoh: kebolehan membaca dan menulis al-Quran, kebolehan menghafal huruf, dan kebolehan memahami konteks ajaran al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Artikulasi kemampuan memahami agama tidak hanya dirioritaskan pada pembagian kelas yang terstruktur, seperti kebanyakan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam secara umum. Di Mts Tarbiyatul Islamiyah pembelajaran disebut kegiatan daerah yang merupakan pengembangan dari kegiatan pagi hari. Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis kegiatan wilayah yang berlangsung dengan langkah-langkah seperti: perancangan RPP, penerapan, dan penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis inkuiri, Kegiatan regional, Inquiry-based learning, Learning methods, Islamic education, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:48
Last Modified: 26 Sep 2023 05:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26338

Actions (login required)

View Item
View Item