Gambaran tingkat kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan, rawat inap dan ruang operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung tahun 2018

Ade, Utia Detty (2020) Gambaran tingkat kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan, rawat inap dan ruang operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung tahun 2018. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 7 (1). pp. 1-12. ISSN 2549-4864

[thumbnail of 2355-7583_7_1_2020-3.pdf]
Preview
Text
2355-7583_7_1_2020-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB) | Preview

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Persentase kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA) Bandar Lampung yang juga dinilai secara intenal pada tahun 2017, yaitu 75%. Nilai ini juga masih berada di bawah dari indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) rawat inap, yaitu 90%. Tujuan dari penelitian diketahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan, rawat inap dan ruang Operasi di RS Bintang Amin Bandar Lampung tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian cross sectional. Pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh peneliti. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan ke responden. Penelitian telah dilakukan bulan Mei 2018. Analisis data secara univariat. Hasil penelitian diketahui perbedaan kepuasan pada pasien di unit rawat inap sebesar 48.6% puas dan di unit rawat inap serta di kamar operasi masing-masing sebesar 54.3% puas. dapat disimpulkan bahwa dari ketiga ruangan tersebut, unit rawat inap merupakan unit dengan kepuasan pasien terendah jika dibandingkan dengan unit rawat jalan dan kamar operasi, di unit rawat jalan aspek empati kurang baik sebesar 61%, pada unit rawat inap jaminan dan daya tangap kurang baik sebesar 50.% dan unit kamar operasi empati dan daya tangap kurang baik sebesar 56.2%. Saran untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan layanan tenaga perawatan dan dokter maka perlu dilakukan pelatihan serta briefing secara berkala, serta melakukan skill test yang berhubungan dengan operasional pelayanan serta mengadakan pelatihan untuk meningkatkan rasa empati terhadap pasien.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Pasien, Pelayanan, Tingkat kepuasan, Patients, Satisfaction, Health services
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Medicine & Biology
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:47
Last Modified: 06 Nov 2023 04:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item
View Item