Tingkat pengetahuan mahasiswa program studi pendidikan dokter terhadap kurikulum tersembunyi

Sari, Fadila and Syarifah Nora, Andriaty and Ade Kiki, Riezky (2020) Tingkat pengetahuan mahasiswa program studi pendidikan dokter terhadap kurikulum tersembunyi. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 7 (4): 10. 613 -619. ISSN 2355-7583

[thumbnail of 2355-7583_7_4_2020-10.pdf]
Preview
Text
2355-7583_7_4_2020-10.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kurikulum tersembunyi merupakan kurikulum implisit, serangkaian pelajaran, nilai, dan perspektif yang tidak tertulis, tidak resmi, dan tidak disengaja yang dipelajari dalam pendidikan. Kurikulum tersembunyi dalam proses pendidikan mendorong agar terbentuknya profesionalisme, etika, altruisme, empati, dan kepemimpinan yang merupakan
kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa program studi pendidikan dokter terhadap kurikulum tersembunyi di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian lembar kuesioner. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa preklinik dan klinik program studi pendidikan dokter yang berjumlah 167 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat untuk memperoleh deskripsi frekuensi pada setiap variabel berupa status akademik, jenis kelamin dan tingkat profesionalisme, altruisme, etika, empati dan kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan status akademik, diperoleh distribusi responden mahasiswa pre-klinik 136 (74.3%) dan klinik 31 (16.9%). Distribusi berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki 51 (30.5%), dan perempuan 116(69.5%). Distribusi pemahaman tentang kurikulum tersembunyi pada mahasiswa pre-klinik menunjukkan 100% untuk aspek profesionalisme dan empati, 98.5% untuk aspek etika dan altruisme, serta 97% untuk aspek kepemimpinan. Pada mahasiswa klinik menunjukkan 100% untuk aspek profesionalisme, etika, altruisme, dan empati, serta 87% untuk aspek kepemimpinan. Pada responden alumni menunjukkan 100% untuk seluruh aspek. Kesimpulannya bahwa mahasiswa preklinik dan klinik program studi pendidikan dokter memiliki pemahaman yang baik terkait kurikulum tersembunyi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: The hidden curriculum, Professionalism, Ethics, Altruism, Empathy, Leadership
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:25
Last Modified: 19 Sep 2023 05:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item
View Item