Penyusunan teks kloz sebagai teknik pembelajaran terpadu : supervisi kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi

Herri, Supriadi (2022) Penyusunan teks kloz sebagai teknik pembelajaran terpadu : supervisi kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6). pp. 1-13. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Herri Supriadi_SDN 002 Bekawan Kec. Mandah Indragiri Hilir_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Herri Supriadi_SDN 002 Bekawan Kec. Mandah Indragiri Hilir_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (84kB) | Preview

Abstract

Teks kloz merupakan bagian dari bacaan dalam konteks pembelajaran. Prinsipnya, siswa mengisi setiap nomor dengan hanya satu kata. Teks ini merupakan bagian dari aspek mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teks ini dapat digunakan untuk mata pelajaran lain dengan cara menghadirkannya sesuai dengan topik mata pelajaran yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan teks kloz sebagai teknik pembelajaran terpadu berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi. Penelitian ini berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 002 Bekawan. Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah para guru kelas tinggi SD Negeri 002 Bekawan. Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Mereka berjumlah 5 orang termasuk guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah LKG (lembar kegiatan guru). LKG ini berisi pedoman dan sekaligus contoh penyusunan teks kloz sebagai teknik pembelajaran terpadu. Selain LKG, penelitian tindakan sekolah ini juga menggunakan instrumen dokuemnasi yaknik buku BSE, buku pelajaran pengayaan, buku referensi di perpustakaan sekolah maupun buku elektronik. Data teks kloz sebagai teknik pembelajaran terpadu dianalisis secara tematik. Semua peserta dapat menghasilkan teks kloz untuk kelas masingmasing sebagai teknik pembelajaran terpadu. Teks kloz itu berupa teks kloz untuk pembelajaran di kelas tinggi topik PAI dan Budi Pekerti, PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan PJOK. Teks kloz topik terpadu per kelas tinggi yang dihasilkan dalam artikel ini berguna untuk menambah variasi teknik pembelajaran terpadu di kelas tinggi SD/MI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teks kloz, Teknik pembelajaran terpadu, Supervisi kepala sekolah, Guru kelas tinggi, Indonesia language, Primary school principals, Supervision, Teaching materials
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:59
Last Modified: 05 Sep 2023 07:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item
View Item