Penataran teknis pendaftaran beasiswa untuk peningkatan minat kuliah bagi pelajar setara SMA/SMK di UPT SPNF SKB dan PKBM Bulukumba

Ferawaty, Syam and Abdu, Rahman and Suardi, Suardi and Muhajir, Muhajir (2022) Penataran teknis pendaftaran beasiswa untuk peningkatan minat kuliah bagi pelajar setara SMA/SMK di UPT SPNF SKB dan PKBM Bulukumba. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-21.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-21.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajar Paket C UPT SPNF SKB dan PKBM Mattirobaji Bulukumba termasuk pelajar program kesetaraan yang kurang berminat dalam melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi dan minimnya informasi terkait perguruan tinggi dan beasiswa kuliah. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan informasi, pemahaman, serta pendampingan untuk meningkatkan minat kuliah para pelajar Paket C, termasuk teknis pendaftaran dan beasiswa kuliah agar menjadi lebih percaya diri dan tidak lagi berniat hanya untuk mendapatkan ijazah kemudian tidak lanjut kuliah. Pengabdian ini dilaksanakan menggunakan metode penataran berbentuk sosialisasi, pelatihan atau bimbingan teknis, dan pendampingan terhadap pelajar Paket C SKB Bulukumba yang berkolaborasi dengan PKBM Mattirobaji yang berjumlah 22 orang. Setelah itu, dilakukan evaluasi dengan melihat respon para pelajar terkait pengetahuan tentang beasiswa perguruan tinggi serta minat lanjut studi. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah 64% pelajar Paket C yang mengetahui beasiswa kuliah setelah mengikuti sosialisasi dan 23% pelajar paket C yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa, Kesetaraan, Kuliah, PKBM, SKB, SPNF. Scholarships, Students, Training.
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:07
Last Modified: 08 Nov 2023 09:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item
View Item