Pelatihan teknis dasar-dasar kewirausahaan digital kepada pelaku UMKM yang tergabung pada Koperasi Sumber Daya Wanita (KPSW) Nurhikmah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan

Muhamad, Ridwan and Dwi, Mandasari Rahayu and Dadang, Syaputra and Maria, Ulfah (2022) Pelatihan teknis dasar-dasar kewirausahaan digital kepada pelaku UMKM yang tergabung pada Koperasi Sumber Daya Wanita (KPSW) Nurhikmah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-17.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-17.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi yang dihadapi industri kecil pada masa pandemi ini hampir sama dengan industri secara keseluruhan. Namun yang membedakannya adalah perjuangan dalam memproduksi dan memasarkan produknya secara mandiri. Saat ini pelatihan dasar-dasar kewirausahaan digital industri kecil memberikan dukungan sistem terhadap langkah taktis memasarkan produk atau jasa kepada konsumen dengan terobosan baru. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan langkah-langkah kemudahan dalam penerapan aplikasi pemasaran digital berbasis teknologi informasi dan komunikasi, guna menciptakan daya tarik konsumen terhadap produk. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah diskusi dan praktek pembuatan akun media sosial, market place, website, content marketing dan pengelolaan toko online. Hasil dari pelatihan ini, para peserta mempunyai kesadaran akan penerapan pemasaran digital sehingga dapat diterapkan pada setiap bisnis dan dapat meningkatkan kualitas pemasaran produk. Terjadi peningkatan softskill dan hardskill yang dibuktikan dengan hampir seluruh peserta (90%) yang sudah mendaftar ke Google Business dan memiliki akun Instagram.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Kewirausahaan, Digital. small business, Entrepreneurship, Cooperative societies.
Subjects: Social and Political Sciences
Economics and Business
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:20
Last Modified: 08 Nov 2023 07:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item
View Item