Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 14 Tanjungpinang

Fabio, Testy Ariance Loren and Nur, Asmariani Siregar and Susanti, Susanti (2022) Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 14 Tanjungpinang. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-15.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-15.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai salah satu tonggak terpenting dalam dunia pendidikan haruslah memiliki kompetensi guru yang profesional. Oleh sebab itu, perlu diadakan pengembangan profesi guru antara lain membuat karya tulis ilmiah. Peserta kegiatan ini adalah guru di SMP Negeri 14 sebanyak 11 orang yang belum pernah sama sekali menulis ataupun menerbitkan karya tulis ilmiah. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam tiga tahap yaitu (a) Tahap Persiapan (Penyampaian materi dan tanya jawab), (b)Tahap Pelaksanaan (Pembimbingan penulisan karya ilmiah), (c)Tahap Evaluasi (hasil dan kegiatan). Untuk mengetahui kemampuan awal guru, peserta diberikan angket melalui google form sebelum pelaksanaan pelatihan, kemudian diberikan diberikan pula pretest dan juga posttest setelah pelatihan untuk melihat dampak dari pelatihan ini terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data yang ada, pada awal pelatihan peserta memiliki pengetauan dan keterampilan dalam menulis KTI dengan rata-rata 54,3. Namun, setelah diberi pelatihan, meningkat menjadi 61,4. Selain itu juga diberi angket terkait kegiatan yaitu pemateri, konten, dan manfaat kegiatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Karya tulis ilmiah, Kompetensi profesional, Guru. Scientific writing, Competence, Teachers.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:11
Last Modified: 08 Nov 2023 07:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item
View Item