Pelatihan peningkatan skill teknisi lab mesin ofset, guru dan siswa dalam merawat dan meningkatkan performa mesin di SMK Desa Putera Jakarta

Habibi, Santoso and Widi, Sriyanto and Henra, Nanang Sukma (2022) Pelatihan peningkatan skill teknisi lab mesin ofset, guru dan siswa dalam merawat dan meningkatkan performa mesin di SMK Desa Putera Jakarta. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

[thumbnail of 2986-187X_1_2022-14.pdf]
Preview
Text
2986-187X_1_2022-14.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview

Abstract

Perawatan mesin pada mesin ofset bertujuan untuk mengurangi atau meminimalisir kerusakan pada mesin ofset atau komponen mesin yang dapat mengakibatkan terkendalanya proses produksi dan penurunan hasil produksi. Masalah yang dialami mitra selama ini, siswa belum mengikuti pelatihan atau diajarkan mengenai perawatan mesin ofset karena kendala pandemi covid-19 yang berakibat kurangnya praktek pada mesin dan tidak semua guru memiliki kemampuan perawatan mesin. Tujuan dari kegiatan ini agar teknisi, guru dan siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai perawatan mesin offset. Metode yang di laksanakan adalah sosialisasi di kelas dan workshop/praktek perawatan di mesin offset SMK Grafika Desa Putra. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 18 Orang. Evaluasi dilakukan dengan cara, setelah pelatihan team menyebarkan kuesioner pertanyaan tentang kesulitan, manfaat, masukan dan saran terkait pelatihan perawatan mesin ofset yang diberikan. Hasil yang telah dicapai dari semua siswa dan guru yang mengikuti pelatihan adalah seluruh peserta mendapatkan manfaat dan bertambahnya pengetahuan tentang cara merawat mesin ofset yang benar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengabdian masyarakat, Perawatan mesin, Pelatihan, Mesin ofset, SMK. Community service, Training, Teachers.
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:06
Last Modified: 08 Nov 2023 07:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item
View Item