Konsep merdeka belajar dalam kurikulum pendidikan Kristen untuk mendukung proses pembelajaran digital

Pahotkon, Purba and Jessica Elfani, Bermuli (2022) Konsep merdeka belajar dalam kurikulum pendidikan Kristen untuk mendukung proses pembelajaran digital. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3 (1): 5. pp. 79-99. ISSN 2722-4473

[thumbnail of 2722-4473_3_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2722-4473_3_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Konsep Merdeka Belajar merupakan sebuah pendekatan belajar yang menjadikan siswa sebagai pusat dan orientasi pembelajaran sedangkan kurikulum Pendidikan Kristen berpusat
kepada Kristus dan siswa sebagai orientasi. Tidak ada yang salah pada kedua konsep ini, justru integrasi dari keduanya akan menghasilkan ide baru yang dapat diterapkan dalam Pendidikan Kristen. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji integrasi konsep Merdeka Belajar dalam kurikulum Pendidikan Kristen untuk mendukung proses pembelajaran digital. Penelitian dilakukan dengan metode kajian literatur. Hasil penelitiannya adalah konsep Merdeka Belajar dapat diintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Kristen dengan mengedepankan dan memprioritaskan nilai-nilai kekristenan. Konsep Merdeka Belajar diharapkan membantu siswa beradaptasi dengan baik dalam teknologi sehingga dapat menjalankan pembelajaran digital dengan maksimal. Integrasi memengaruhi rancangan dan proses pembelajaran, sistem penilaian, serta peran guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Merdeka belajar, Christian education, Curriculum, Digital learning
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:45
Last Modified: 25 Apr 2024 02:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item
View Item