Rancang bangun sistem pembelajaran sekolah berbasis web menggunakan framework codeigniter 4.0 (studi kasus SMP Muhammadiyah 1 Cileungsi)

Fernando, Perdana Putra and Iskandar, Iskandar and Nurkholis, Nurkholis (2022) Rancang bangun sistem pembelajaran sekolah berbasis web menggunakan framework codeigniter 4.0 (studi kasus SMP Muhammadiyah 1 Cileungsi). Infotech: Jurnal Informatika & Teknologi, 3 (2): 3. pp. 92-103. ISSN 2722-9386

[thumbnail of 2722-9386_3_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2722-9386_3_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (855kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting pada lembaga pendidikan. Hal ini dirasakan pada saat terjadi pandemi COVID-19 dimana sistem pembelajaran mengalami perubahan bentuk operasional dengan kebijakan instruksi pembelajaran secara daring. Pada pembelajaran daring ini ditemukan beberapa masalah seperti kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa diantaranya belum adanya media platform standar yang dipakai untuk pembelajaran, seperti bagaimana penyampaian materi, tugas, mengontrol kehadiran siswa dan penilaian. Sehingga sistem pembelajaran daring tersebut menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengatasi permasalahan diatas dengan membuat sistem pembelajaran secara daring berbasis web, menggunakan framework CodeIgniter 4 dengan sistem database MySQL. Setelah dilakukan perancangan dan implementasi sistem pembelajaran daring yang ada di sekolah pembangunan sistem pembelajaran dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan di SMP Muhammadiyah 1 Cileungsi. Sehingga pembelajaran berbasis web memiliki kelebihan dimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dapat berjalan lebih efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sekolah, Web, Codeigniter, Framework, Web sites, Electronic learning
Subjects: Administration & Management > Management Information Systems
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:10
Last Modified: 30 Nov 2023 04:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item
View Item