Aspek mise en scene dalam menggambarkan perubahan perilaku tokoh Maria pada film Look Away

Gemma, Irsyadil Ibad and Fajar, Aji and Didik, Suharijadi (2023) Aspek mise en scene dalam menggambarkan perubahan perilaku tokoh Maria pada film Look Away. Rolling: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Film, Televisi, dan Media Kontemporer, 6 (1): 6. pp. 76-97. ISSN 3021-7393

[thumbnail of 3021-7393_6_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
3021-7393_6_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (929kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang mise-en-scene dalam menggambarkan perubahan perilaku karakter Maria dalam film Look Away. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan tingkah laku dan perubahan tingkah laku tokoh Maria dalam film Look Away melalui aspek mise-en-scene. Data penelitian diperiksa dengan menggunakan teori mise-en-scene dan psikoanalisis Sigmund freud. Psikoanalisis Sigmund Freud digunakan untuk menganalisis perilaku dan perubahan perilaku karakter Maria, sedangkan mise-en-scene digunakan untuk menganalisis aspek visual yang menggambarkan perubahan perilaku karakter Maria dalam film Look Away. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Maria merupakan tokoh utama yang baik hati dan pemalu, sedangkan sosok Airam merupakan tokoh pendukung sekaligus antagonis yang mempunyai sifat buruk, dan merupakan dalang dari cerita tersebut. terjadinya semua konflik dalam cerita di Look Away. Unsur mise-en-scene seperti setting, kostum dan tata rias, serta pemain dan geraknya mampu menggambarkan perubahan tingkah laku tokoh Maria yang tadinya seorang pemalu menjadi tokoh yang berpenampilan jahat dan memberikan kesan menakutkan kepada teman-temannya yang sering berbuat jahat. Maria lebih buruk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Film Look Away, Psikologi kepribadian, Mise-en-scene, Penokohan. Films, Psychology, Characterization.
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:47
Last Modified: 07 Nov 2023 07:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item
View Item