Tinjauan hukum Islam terhadap proses pembayaran administrasi pembiayaan murabahah (Studi kasus di BMT Niaga Utama Unit Cipanas)

Siti, Nuraeni (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap proses pembayaran administrasi pembiayaan murabahah (Studi kasus di BMT Niaga Utama Unit Cipanas). Muawadah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2 (1): 5. pp. 99-114. ISSN 2829-0119

[thumbnail of 2829-0119_2_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2829-0119_2_1_2023-5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://stisnu.ac.id

Abstract

BMT Niaga Utama Unit Cipanas memiliki produk pembiayaan murabahah. Namun, dalam penyelenggaraan administrasi, terdapat masalah yang seringkali banyak nasabah meminta agar biaya pemotongan dari jumlah pembiayaan yang diterima oleh nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembayaran administrasi pembiayaan murabahah di BMT Niaga Utama Unit Cipanas, 2) untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap proses pembayaran administrasi pada pembiayaan murabahah di BMT Niaga Utama Unit Cipanas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) proses pembayaran administrasi yang terjadi yaitu biaya tersebut dipotong dari nominal pencairan pembiayaan. Sebelum terjadi pencairan nasabah sudah dijelaskan akan pemotongan tersebut. Hal itu terjadi karena adanya faktor nasabah yang tidak mampu membayar biaya administrasi di awal sebelum pengajuan, 2) tinjauan hukum Islam terhadap kasus pemotongan biaya administrasi pada pembiayaan murabahah di BMT Niaga Utama dibolehkan, karena motifnya saling tolong-menolong antara nasabah dan pihak BMT. Hal tersebut sesyai dengan kandungan Al-Qur’an Surah Al-Nisa ayat 29 dan hadis riwayat Al-Tirmizi mengenai perjanjian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembayaran, Administrasi, Pembiayaan, Murabahah. Payment, Administration, Financing.
Subjects: Social and Political Sciences
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:22
Last Modified: 07 Nov 2023 04:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23597

Actions (login required)

View Item
View Item