Penerapan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dalam program rintisan madrasah unggul di MTsN 1 Yogyakarta

Artanto, Dicky and Ibadin, Hasan and Suwadi, Suwadi (2023) Penerapan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dalam program rintisan madrasah unggul di MTsN 1 Yogyakarta. Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1): 5. pp. 68-82. ISSN 2656-226X

[thumbnail of 2656-226X_5_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2656-226X_5_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan karena sebagai titik tolak untuk menentukan keputusan dan kebijakan yang akan diambil sebagai penentu arah jalannya suatu program. Artikel ini mengkaji terkait penerapan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) dalam program rintisan madrasah unggul di MTsN 1 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan field research yakni penelitian lapangan di MTsN 1 Yogyakarta dengan mewawancarai beberapa responden, observasi lapangan, dan analisis dokumentasi menggunakan data berupa dokumen dan sumber data terkait yang terdapat di MTsN 1 Yogyakarta tersebut. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa program rintisan madrasah unggul di MTsN 1 Yogyakarta dapat dinilai telah terlaksana sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan program tersebut, hal ini dibuktikan dengan torehan prestasi yang diraih oleh siswa – siswi yang tergabung dalam kelas khusus unggulan bahwa mereka telah mampu membuat suatu produk karya yang bersifat wujud barang seperti masker elektrik, handsanitizer non kimiawi, juga dalam hal karya tulis ilmiah yang dilombakan ditingkat provinsi dan nasional. Meskipun telah dinilai berhasil direalisasikan ada beberapa yang mesti harus diperbaiki dan ditingkatkan yakni terkait dengan sumber daya manusia tenaga pendidik yang harus dilatih agar mumpuni dalam bidang riset ilmiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Madrasah unggul, Evaluasi CIPP, Kelas unggulan, Islamic education, Evaluation, Educational aspects
Subjects: Administration & Management
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:46
Last Modified: 25 Mar 2024 06:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23447

Actions (login required)

View Item
View Item