Manajemen pelayanan dalam peningkatan mutu pendidikan inklusi sekolah di Tulungagung

Januariani, Januariani and Masrokan, Prim and Fuadi, Imam (2023) Manajemen pelayanan dalam peningkatan mutu pendidikan inklusi sekolah di Tulungagung. ÁL-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1): 2. pp. 18-30. ISSN 2656-226X

[thumbnail of 2656-226X_5_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2656-226X_5_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pelayanan dalam peningkatan mutu pendidikan inklusi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung, SDI Al-Azhaar Tulungagung, dan MI Modern SAKTI Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menajemen pelayanan pendidikan inklusi dilaksanakan cara penyediaan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), tenaga pendidik yang berkompeten, modifikasi kurikulum dan sistem penilaian bagi PDBK, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pelaksanaan manajemen pelayanan di ketiga lembaga pendidikan tersebut memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan visi dan misi sekolah. Meskipun terdapat tujuan yang berbeda namun pada dasarnya tujuan pendidikan tetap mengacu pada standar mutu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan, Mutu pendidikan inklusi, Educational quality, Service management, Inclusive education
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:56
Last Modified: 25 Mar 2024 04:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23444

Actions (login required)

View Item
View Item