Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya tahun 2021

Ukhtian, Uula Cahyani Firdaus and Alfina, Mahfudhotin Ahadah and Suyono, Suyono (2022) Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya tahun 2021. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (2): 4. pp. 107-116. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_2_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2807-9337_2_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (550kB) | Preview

Abstract

Dalam hal ini, yang dimaksud adalah adanya pendidikan dan karakter yang baik. Pendidikan merupakan suatu pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan bahkan suatu kebiasaan yang diturunkan dari tiap generasi selanjutnya. Pendidikan dapat diperoleh dengan adanya bimbingan dari orang lain ataupun dapat kita dapatkan secara mandiri dari diri sendiri. Salah satu pendidikan yang harus diturunkan yaitu adanya pendidikan kewarganegaraan sebagai bentuk wujud dari masyarakat yang cerdas dan juga berkarakter. Kemampuan dalam berpikir kritis, tanggung jawab, dan juga sikap demokratis tak kalah penting dalam menunjang pembentukan karakter generasi penerus bangsa ini. Hal lain yang dapat menunjangnya adalah peran dari beberapa faktor. Dapat melalui peran orang tua dan bahkan peran dari lingkungan sekitar. Di era saat ini, sudah banyak generasi penerus yang menunjukkan sikap bahwa adanya penurunan semangat belajar dalam kehidupannya. Hal inilah yang menjadi titik berat dalam penulisan karya ini. Sebagai sampel, penelitian ini kami lakukan di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya. Lokasi yang strategis dengan subyek penelitian dari tim mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner tersebar langsung kepada masyarakat, yang akhirnya menunjukkan hasil bahwa masyarakat sekitar tersebut setuju bahwa memang seharusnya yang dijadikan pilar pembangunan karakter dan juga jati diri bangsa merupakan Pendidikan karakter, khususnya para generasi penerus. Untuk itu, mari kita bersama-sama menyadari bahwa sebetulnya pendidikan kewarganegaraan memiliki peran penting sebagai bentuk pembentukan karakter bangsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kewarganegaraan, Karakter, Penguatan pendidikan karakter. Citizenship, Character, Character building.
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:57
Last Modified: 06 Nov 2023 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23386

Actions (login required)

View Item
View Item