Persepsi orang tua siswa terhadap sekolah daring pada pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendangsari

Adelia, Eka Pramesti and Suhartono, Suhartono and Bernadetta, Budi Lestari (2021) Persepsi orang tua siswa terhadap sekolah daring pada pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendangsari. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1): 4. pp. 31-40. ISSN 2807-9337

[thumbnail of 2807-9337_1_1_2021-4.pdf]
Preview
Text
2807-9337_1_1_2021-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (551kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdampak besar terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah. Kegiatan belajar mengajar juga dilakukan di rumah masing-masing. Akibat pandemi ini, orang tua memiliki persepsi tersendiri dalam berurusan dengan sekolah online. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kendangsari dengan mata pelajaran penelitian adalah orang tua yang anaknya masih duduk di bangku SD dan SMP. Dalam penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data sesuai Miles dan Huberman, yaitu pengurangan data, menampilkan data, dan verifikasi. Adapun teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui Google Form dan wawancara kepada beberapa orang tua secara langsung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semua orang tua setuju dengan penyelenggaraan sekolah online saat ini, mengingat jumlah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi dan dikhawatirkan jika sekolah tetap dilaksanakan seperti biasa maka akan berdampak pada anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi orang tua, Sekolah, Pandemi online Covid-19. Perception, School, Pandemis.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:12
Last Modified: 05 Nov 2023 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item
View Item