Kronologi turunnya Al-Qur’an perspektif Sir William Muir dan Gustav Weil

Dena, Agustina and Devya, Devya and Dewi, Sinta Setiawati Arafah (2022) Kronologi turunnya Al-Qur’an perspektif Sir William Muir dan Gustav Weil. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 1 (1): 4. pp. 35-46. ISSN 2985-301X

[thumbnail of 2985-301X_1_1_2022-4.pdf]
Preview
Text
2985-301X_1_1_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (417kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membahas mengenai kronologi turunnya Al-Qur’an yang dikaji oleh tokoh orientalis yakni Sir William Muir dan Weil Gustave. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka dan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah Menurut Weil Gustav Al-Qur’an diturunkan dalam 4 periode, yakni: Pertama periode Mekah awal, yaitu dari turunnya wahyu pertama hingga masa hijrah ke Abisinia (tahun 615 M). Kedua, periode Mekah pertengahan, yaitu dari akhir periode pertama hingga saat kembalinya Nabi Muhammad Saw. Dari Thaif (tahun 620 M), Ketiga, periode Mekah akhir, yaitu dari akhir periode kedua hingga peristiwa hijrah (September 622 M), dan keempat, periode Madinah. Sedangkan menurut Sir William Muir mengkategorikan turunnya Al-Qur’an dalam enam periode, diantaranya: Pertama, diturunkannya surat rapsodi. Kedua, diturunkannya empat surat di dalam kitab suci Al-Qur’an yang menurut analisisnya sebagai surat-surat pembukaan atau awal masa kenabian dari Nabi Muhammad Saw. Ketiga, diturunkannya surat berisi nilai–nilai kebangkitan. Keempat, diturunkannya surat-surat yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an sudah mengarah kepada cerita Yahudi, pendeta, rabi dan kisah orang–orang Arab. Kelima, diturunkannya surat-surat yang berisi tentang penghapusan larangan. Keenam, turunnya surat-surat setelah turunnya nabi Muhammad yang berjumlah dua puluh satu surat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wahyu Al-Qur'an, Orientalisme, Kajian tekstual, Sebab turun ayat. Revelation, Religious beliefs, Orientalisms.
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Nov 2023 05:39
Last Modified: 05 Nov 2023 05:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23331

Actions (login required)

View Item
View Item