Solusi pembiayaan, pemasaran, dan digitalisasi pada UMKM di Era New Normal Wilayah Banten

Tri, Siswantini and Indri, Arrafi Juliannisa (2021) Solusi pembiayaan, pemasaran, dan digitalisasi pada UMKM di Era New Normal Wilayah Banten. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18 (2): 10. pp. 185-200. ISSN 1858-1048

[thumbnail of 1858-1048_18_2_2021_10.pdf]
Preview
Text
1858-1048_18_2_2021_10.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 ini tidak hanya memberikan dampak pada bidang kesehatan yang menimbulkan korban jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak terhadap sektor perekonomian dan tingkat kesejahteraan masyarakatpun. Masyarakat kalangan menengah hingga menengah ke bawah sangat merasakan kesulitan akibat adanya pandemi Covid-19 ini, mereka tidak dapat bekerja sebagaimana semestinya, bahkan ada perusahaan yang terpaksa melakukan Pemutusan Hubugan Kerja (PHK) secara masal karena tidak sanggup lagi membayar gaji karyawan jika harus tetap mempertahankan karyawan dengan keadaan atau aturan bekerja yang sekarang sedang diterapkan. Di Indonesia, pemerintah saat ini telah berupaya untuk terus mendorong perekonomian agar terus bergerak meskipun mengalami penurunan. Banyak bisnis UMKM mulai mengalami penurunan penjualan yang drastis atau bahkan tidak memiliki pelanggan sama sekali karena pelanggan sudah mulai beraktivitas di rumah mereka masing- masing. Tetapi, keberlanjutan bisnis UMKM harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan. Hasil yang didapatkan adalah pada model pertama, terdapat 2 variabel yang terbukti signifikan yaitu variabel perbankan dan variabel koperasi berpengaruh terhadap pembayaran, pada model kedua, semua variabel terbukti signifikan, yaitu variabel SDM, variabel pesaing dan variabel inovasi berpengaruh terhadap pemasaran. Selanjutnya pada model ketiga, semua variabel pun terbukti signifikan, yaitu variabel teknologi, variabel internet dan variabel kemasan & desain berpengaruh terhadap digitalisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Pembayaran, Pemasaran, Strategi, UMKM, Marketing techniques, Small scale enterprises, Digitalization
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies
Economics and Business
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:15
Last Modified: 19 Mar 2024 05:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item
View Item