Pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Bitung

Veina, Venesya Israel and Consuslasia, Korompis and Agnes, R. Rooroh (2021) Pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Bitung. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2). pp. 1-11. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Jurnal_Veina Venesya Israel_Universitas Negeri Manado_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Veina Venesya Israel_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 73 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Status Sosial Ekonomi dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 95,12% dengan jumlah thitung > ttabel = 37,181 > 1,99394 (2) Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 92,04% dengan jumlah thitung > ttabel = 28,654 > 1,99394 (3) Status Sosial Ekonomi dan Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 96,43% dengan jumlah fhitung 126,617 > ftabel = > 3,127.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Shopping orientation, Buying experience, Online buying Interest, Socioeconomic status, Tutoring, Academic achievement motivation, Secondary school student
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:17
Last Modified: 22 Mar 2024 05:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item
View Item