Pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa

Elia, Firda Mufidah and Fitri, Wahyuni and Cindy, Asli Pravesti and Nora, Yuniar Setyaputri and Restu, Dwi Ariyanto and Artiyan, Dwiyana (2021) Pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (2): 5. pp. 120-129. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_8_2_2021-5.pdf]
Preview
Text
2579-3063_8_2_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (284kB) | Preview

Abstract

Perubahan pola belajar memberikan tuntutan pada mahasiswa yakni dengan keadaan percaya pada kemampuan sendiri, percaya bahwa kemampuan dapat tumbuh, dorongan ingin tahu, dorongan ingin sukses, serta dorongan ingin bekerjasama, kemudian berinisiatif, tekun, dan mandiri. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar mandiri. Adapun rancangan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 488 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa skala efikasi diri, skala motivasi berprestasi, dan skala kesiapan belajar mandiri. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisi regresi berganda dengan melalui uji asumsi sebagai prasyarat. Hasil uji asumsi yang meliputi normalitas dan heteroskedastisitas telah dinyatakan layak. Kemudian, pada hasil analisis regresi berganda dengan nilai t hitung > t tabel maka, nilai efikasi diri sebesar 12,060 > 2,248 ini berarti bahwa H1 diterima. Selanjutnya, nilai motivasi berprestasi sebesar 5,992 > 2,248 ini berarti bahwa H2 diterima. Pada uji F simultan dengan nilai F hitung sebesar 90,524 > F tabel sebesar 1,195 yang artinya bahwa H3 diterima, maka ini diartikan secara simultan efikasi diri dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kesiapan belajar mandiri. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar mandiri mahasiswa meningkat disebabkan adanya efikasi diri dan dorongan mencapai tujuan atau motivasi berprestasi. Sehingga, berdasarkan tujuan penelitian ini memberikan kontribusi berupa kesiapan belajar mandiri yang dimiliki mahasiswa dapat memperlancar proses pendidikan dalam situasi apapun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, motivasi berprestasi, kesiapan belajar mandiri
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:20
Last Modified: 27 Nov 2023 02:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item
View Item