Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa

Eny, Kusumawati and Diana, Dewi Wahyunigsih and Imam, Setyonugroho (2021) Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (1): 5. pp. 44-51. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_8_1_2021-5.pdf]
Preview
Text
2579-3063_8_1_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif agar tidak menggangggu kegiatan belajar dan lingkungan sekitar. Penelitian menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan One Group Pretest Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dlm penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui hasilnya frekuensi perilaku agresif dapat dikurangi dengan bimbingan kelompok teknik role playing. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji Ttes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap frekuensi perilaku agresif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, Teknik role playing, Agresif, Group counseling, Simulation game, Student behavior
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:57
Last Modified: 24 Nov 2023 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item
View Item