Laelatul, Arofah (2021) Validitas dan reliabilitas skala displin diri untuk siswa sekolah menengah pertama. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (1): 3. pp. 25-34. ISSN 2579-3063
2579-3063_8_1_2021-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (344kB) | Preview
Abstract
Disiplin diri merupakan salah satu karakter yang harus dikuasai oleh peserta didik. Individu yang memiliki disiplin diri akan mudah dalam mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan setiap hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya individu yang kurang memiliki disiplin diri akan berdampak pada masalah akademis siswa. Untuk dapat mengetahui seberapa besar disiplin diri yang dimiliki oleh setiap individu diperlukan sebuah instrumen berupa skala psikologis disiplin diri. Melalui skala disiplin diri ini diharapkan dapat untuk memetakan seberapa tinggi tingkat disiplin diri siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas skala disiplin diri siswa SMP. Pengembangan skala disiplin diri menggunakan langkah-langkah penyusunan instrumen dari Riduwan (2013: 32) yang terdiri dari enam langkah. Berdasarkan perhitungan menggunakan korelasi product moment dan alpha cronbach didapatkan 61 item yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,949. Hal tersebut menunjukkan dalam kategori sangat tinggi. Diharapkan guru BK dapat memanfaatkan skala ini untuk memetakan tingkat disiplin diri siswa SMP yang berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin diri, Validitas, Reliabilitas, Self discipline, Secondary school students, Counseling |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:35 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22468 |