Implementasi pandangan Plato tentang negara ideal dalam toleransi umat beragama di Indonesia

Andreas, Doweng Bolo and Purwanti, Purwanti and Vabianus, Louk and Mateus, Biliyandi Elbert and Federikson, Pehan Ritan and Belasius, Pantur (2022) Implementasi pandangan Plato tentang negara ideal dalam toleransi umat beragama di Indonesia. Focus, 3 (2): 1. pp. 63-70. ISSN 2722-6336

[thumbnail of 2722-6336_3_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2722-6336_3_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa cinta pada negara sehingga masyarakat mampu menjadi manusia yang bernegara dan beragama. Rasa cinta pada negara menjadikan masyarakat mempunyai satu visi yang sama dengan negara. Menjadi manusia yang bernegara dan beragama memampukan seseorang dalam seluruh dirinya dituntun kepada panggilan hati nurani dan kesucian. Panggilan menjadi manusia bernegara tidak bisa tanpa menjadi manusia yang beragama, begitupun sebaliknya. Dengan metode kepustakaan dan analisis deskriptif, tulisan ini mencoba mengeksplorasi berbagai sumber literatur yang relevan. Melalui tulisan ini dapat dikatakan bahwa terwujudnya toleransi antar umat beragama berkaitan bagaimana menjadikan masyarakat memiliki kualitas hidup yang baik. Kualitas hidup yang baik ini bertitik tolak dari pandangan Plato mengenai negara ideal yang setiap orang memiliki kemauan untuk meningkatkan kualitas hidup. Manusia yang berkualitas adalah manusia yang mampu menjaga keharmonisan antara hidup bernegara dan beragama sehingga toleransi beragama dapat terwujud.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori politik, Kewarganegaraan, Keberagamaan, Falsafah bangsa, Moderasi beragama. Political science, Citizenship, Tolerance.
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:32
Last Modified: 29 Sep 2023 03:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22397

Actions (login required)

View Item
View Item