Penerapan algoritma k-means clustering pada penjualan voucer internet study kasus Konter ABC

Jamil, Mohammad Sabar and Yudhasyah, Nugraha and Mutaqin, Hilman and I. M., Moh. Milki (2022) Penerapan algoritma k-means clustering pada penjualan voucer internet study kasus Konter ABC. Cipasung Techno Pesantren: Jurnal Ilmiah, 16 (2): 6. pp. 63-69. ISSN 1978-0842

[thumbnail of 1978-0842_16_2_2022-6.pdf]
Preview
Text
1978-0842_16_2_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (536kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat akan membawa perubahan pada aspek kehidupan manusia yang salah satunya adalah cara berkomunikasi. Dengan ditemukannya telepon seluler, maka memudahkan manusia untuk melakukan komunikasi jarak jauh salah satunya whatsapp. Jika seseorang ingin menggunakan whatsapp, maka diperlukan akses internet sehingga penjualan voucer internet semakin bertambah banyak. Data mining adalah proses pengilahan data agar mendapatkan suatu informasi baru, clustering dipilih karena bertujuan untuk membuat cluster dari data yang ada. Penelitian ini bertujuan melakukan clustering voucer internet sehingga pemilik konter bisa membuat stok voucer dengan lebih tepat. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai tertinggi cluster C1 35.000 sedangkan nilai terendah C2 43.000 dengan jumlah data 99 data dengan persentase 95.19% sedangkan cluster C2 berjumlah 5 data dengan persentase 4.81%. Kesimpulannya adalah bahwa nominal voucer yang paling banyak dibeli dibawah 40.000. oleh karena itu pemilik konter bisa menyimpan stok lebih banyak untuk nominal dibawah 40.000.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Clustering, K-Means, Voucer internet, Data mining, Big data
Subjects: Administration & Management > Management Information Systems
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:15
Last Modified: 24 Jan 2024 14:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22303

Actions (login required)

View Item
View Item