Modifikasi gearbox close ratio untuk meningkatkan akselerasi sepeda motor kawasaki ninja RR 150cc

Hendly, Kevin Ramadhony Putra and Awang, Surya (2020) Modifikasi gearbox close ratio untuk meningkatkan akselerasi sepeda motor kawasaki ninja RR 150cc. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 1 (2): 4. pp. 79-84. ISSN 2721-5377

[thumbnail of 2721-5377_1_2_2020_4.pdf]
Preview
Text
2721-5377_1_2_2020_4.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Karakter sepeda motor terbagi menjadi dua tipe yaitu sepeda motor akselerasi dan sepeda motor top speed. Karakter sepeda motor top speed adalah sepeda motor yang dapat memiliki kecepatan maksimal yang tinggi dan dapat menempuh jarak yang panjang dengan putaran mesin yang tinggi, namun akselerasinya kurang bagus. Modifikasi sepeda motor dilakukan pemilik dengan tujuan menyempurnakan penampilan dan meningkatkan performa sepeda motor. Di antara tujuan modifikasi adalah meningkatkan performa akselerasi sepeda motor, karena sepeda motor yang dimiliki mempunyai top speed yang tinggi tetapi kurang baik dalam berakselerasi. Sedangkan situasi jalanan terutama di kota besar yang sering sering macet tidak memungkinkan untuk menggunakan top speed yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan performa akselerasi. Dalam hal ini dilakukan studi kasus pada sepeda motor Kawasaki Ninja RR 150cc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan membandingkan performa sepeda motor yang memakai gearbox standar dengan sepeda motor yang menggunakan gearbox hasil modifikasi. Simpulan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa gearbox modifikasi telah memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan gearbox standar. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 3,5 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 2,7 detik. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 7,5 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 6,5 detik. Dari hasil pengujian di jalan didapat hasil bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jarak 100 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 6,2 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 5,1 detik. Untuk mencapai jarak 200 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 10 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 9.5 detik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gearbox, Sepeda Motor, Modifikasi
Subjects: Transportation > Transportation Safety
Energy
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:23
Last Modified: 04 Mar 2024 03:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22283

Actions (login required)

View Item
View Item