Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan microsoft powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 025 Sinambek

Parulian, Simanjuntak (2023) Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan microsoft powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 025 Sinambek. Jurnal Pendidikan Media Guru Kreatif, 1 (1): 4. pp. 42-53. ISSN 2986-2167

[thumbnail of 2986-2167_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2986-2167_1_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji model pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan media microsoft powerpoint yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V-B SDN 025 Sinambek (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan media power point. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B SDN 025 Sinambek yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dari metode observasi dan wawancara ini dianalisis dengan teknik deskriptifkualitatif. Data yang diperoleh dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar pada siklus I termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 62,78 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 44%. Sedangkan pada hasil belajar siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 76,94 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai 89%. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 45%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media power point, Model pembelajaran inkuiri. Learning methods, Microsoft Software,Field study.
Subjects: Communication > Verbal
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:25
Last Modified: 18 Sep 2023 06:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22094

Actions (login required)

View Item
View Item