Pengembangan masyarakat melalui BUMDes Naga Merah dalam upaya peningkatan ekonomi desa (Studi di Desa Talang Kecamatan Saronggi)

Misbahatul, Laily and Enza, Resdiana and Nur, Inna Alfiyah (2023) Pengembangan masyarakat melalui BUMDes Naga Merah dalam upaya peningkatan ekonomi desa (Studi di Desa Talang Kecamatan Saronggi). Abhakte: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 7. pp. 44-50. ISSN 2986-2590

[thumbnail of 2986-2590_1_1_2023-7.pdf]
Preview
Text
2986-2590_1_1_2023-7.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Pengembangan masyarakat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan masyarakat yang lebih mandiri dengan memanfaatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat. Salah satu upaya dalam pengembangan masyarakat yang dilakukan di Desa Talang Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep yaitu melalui pemanfaatan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Naga Merah Desa Talang yang akan memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Masyarakat Melalui BUMDes Naga Merah Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Desa (Studi di Desa Talang Kecamatan Saronggi). Penelitian tentang pengembangan masyarakat Desa Talang difokuskan pada tiga model 2 pengembangan masyarakat yaitu pengembangan masyarakat lokal, perencanaan sosial dan aksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif dimana semua penjelasan mengenai pengembangan masyarakat melalui BUMDes Naga Merah sebagai upaya peningkatan ekonomi desa djabarkan secara deskriptif. Data dan hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan dan dokumentasi. Pengembangan masyarakat melalui BUMDes Naga Merah terlihat dengan pemanfaatan potensi pertanian dan produk usaha rumahan, adanya usaha-usaha BUMDes Naga Merah yang sangat membantu kebutuhan masyarakat Desa Talang serta terjalin kerjasama antara masyarakat dengan BUMDes Naga Merah dalam bentuk join pruduk usaha, penyertaan modal usaha masyarakat dan pengelolaan hasil pertanian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan masyarakat, BUMDes, Ekonomi desa. Village development, Rural economy, Bussiness enterprise.
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Economics and Business
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:53
Last Modified: 18 Sep 2023 05:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item
View Item