Meningkatkan kecerdasan politik pemuda Karang Taruna “Karya Bajuaju” di Desa Banuaju Barat Kecamatan Batang-Batang

Nur, Inna Alfiyah and Wilda, Rasaili (2023) Meningkatkan kecerdasan politik pemuda Karang Taruna “Karya Bajuaju” di Desa Banuaju Barat Kecamatan Batang-Batang. Abhakte: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 3. pp. 14-20. ISSN 2986-2590

[thumbnail of 2986-2590_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2986-2590_1_1_2023-3.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview

Abstract

Politik pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, dimana manusia sendiri terlahir sudah familiar dengan apa itu politik. Sebagaimana yang disebutkan oleh Aristoteles bahwa manusia adalah Zoon Politicon atau binatang yang berpolitik. Kesamaan tujuan yang dikehendaki oleh manusia tersebut kemudian melahirkan kemerdekaan bagi suatu negara. Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam suatu negara inilah kemudian membuat manusia membangun relasi politik. Sehingga dalam upaya memberikan edukasi terkait politik merupakan tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah ataupun lembaga partai politik agar masyarakat bisa berbpartisipasi dalam kemajuan bangsa ini melalui politik. Hal tersebut dapat dimulai dari kelompok-kelompok kecil di lingkungan sekitar kita tinggal, terutama bagi kaum muda sebagai generasi penerus harus bangkit dan sadar bahwa pendidikan politik merupakan kunci dari kesejahteraan dan kejayaan Indonesia di masa yang akan datang. Inilah kemudian mendasari pengabdian masyarakat ini dilakukan, dimana sebagian besar kaum pemuda karang taruna di desa Banuaju Barat Kecamatan Batang-Batang perlu diberikan edukasi dengan jalan sosialisasi untu memberikan pemahaman terkait pentingnya politik di negara demokrasi saat ini. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pemuda karang taruna akan makna dan mafaat dari politik. Metode yang digunakan saat pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi danceramah, dimana metode ini mampu menarik minat para pemuda untuk bertanya serta berdiskusi terkait kondisi politik. Keaktifan dari para peserta ini mampu meberikan hasil signifikan dengan banyaknya wawasan yang bisa di dapatkan oleh para pemuda karang taruna terkait definisi, manfaat, sisi negatif dari politik serta cara lobying dalam politik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemuda Karang Taruna, Politik, Kecerdasan. Youth Organizations, Political education, Intellegence.
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:30
Last Modified: 18 Sep 2023 03:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item
View Item