Analisis kepuasan wisatawan terkait destinasi wisata di Pantai Selong Belanak

Ayu, Sukmawati and Rabiatul, Adawiyah and Anisya, Nurtalitha and Ahmad, Safoan and Devi, Purnama Sari and Baiq, Latifa Pebriani and Dimas, Merdeka Sudiharto and Aulia, Adianingsih and M. Roihan, Al-Munawar and Dede, Minggra Mujiburahman and Eko, Pradjoko (2023) Analisis kepuasan wisatawan terkait destinasi wisata di Pantai Selong Belanak. PORTAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1): 4. pp. 23-33. ISSN 2986-4577

[thumbnail of 2986-4577_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2986-4577_1_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal, terutama keindahan dan keasriannya. Lokasinya yang strategis, sejarahnya yang terkenal, fasilitas umum dan tambahannya, menjadikannya pantai Selong Belanak sebagai lokasi yang sangat menarik untuk para wisatawan. Namun salah satu peran penting untuk tujuan wisata tersebut adalah kebersihan pantai itu sendiri, memberikan kenyaman bagi wisatawan. Studi observasi langsung dan studi lintas bagian deskriptif dengan survei acak terhadap 54 wisatawan lokal maupun asing tentang kebersihan pantai Selong Belanak. Melalui survei kami mengumpulkan evaluasi wisatawan tentang sanitasi fasilitas umum saat ini (toilet, parkir, dan tempat istirahat) fasilitas tambahan (restaurant, toko oleh-oleh dan pedagang kaki lima), dan kondisi fasilitas MCK (tempat sampah) di Pantai Selong Belanak memberikan skor sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas. Melalui pengamatan langsung kami melihat objek fisik di sekitar lingkungan seperti geografi dan fasilitas yang tersedia di pantai Selong Belanak yang dikumpulkan melalui wawancara dari informan lokal. Responden secara keseluruhan menunjukkan tanggapan positif “cukup puas” 14 responden, dan 3 responden asing mengenai kualitas sanitasi pantai Selong Belanak. Fasilitas umum maupun fasilias tambahan umumnya dinilai cukup bersih oleh seluruh responden. Tetapi pendapat wisatawan menunjukkan ketersediaan tepat sampah yang “kurang”. Fasilitas umum 4 toilet umum, 2 tempat parkir, tempat sampah dorong, hasil lain yang dianggap buruk atau di bawah harapan mengenai fasilitas umum tertentu harus diurus untuk memberikan daya tarik wisata yang lebih baik. Kebersihan merupakan daya tarik wisata itu sendiri oleh karena itu menjaga kebersihan penting untuk keberhasilan pariwisata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sanitasi lingkungan, Fasilitas umum dan tambahan, Wisatawan. Sanitation, Tourist facilities, Analytical methods.
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Environment
Health Resources > Health Care Measurement Methodology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:12
Last Modified: 14 Sep 2023 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item
View Item