Penerapan model artikulasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks ulasan

Berkat Setia Putra, Mendrofa and Riana, Riana and Lestari, Waruwu (2022) Penerapan model artikulasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks ulasan. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 20. pp. 166-172. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-20.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-20.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Hiliserangkai khususnya di kelas VIII-C, memperoleh data bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam menceritakan kembali isi teks ulasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Artikulasi dalam menceritakan kembali isi teks ulasan. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data, lembar observasi dan lembar penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri1 Hiliserangkai yang berjumlah 25 orang siswa dengan jumlah laki-laki 14 orang dan perempuan 11 orang, pada semester genap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,66% nilai tertinggi 93,75% dan nilai terendah 37,5%. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84,48% nilai tertinggi 100% dan nilai terendah 75%. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 4 orang dengan rata-rata persentase 16% sedangkan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 25 orang dengan rata-rata persentase 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 73,64% sedangkan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 89,41%. Hasil observasi kinerja pada siklus I dengan rata-rata sebesar 90% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa,dengan menggunakan menerapkan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks ulasan. Dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi dapat memotivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teks ulasan, Model pembelajaran artikulasi, Learning strategies
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 05:13
Last Modified: 15 Jan 2024 05:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21494

Actions (login required)

View Item
View Item