Efektifitas model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau

Ivoni, Susanti and Nopa, Nopianti (2019) Efektifitas model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 6 (2): 2. pp. 4-6. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Ivoni Susanti_STKIP PGRI Lubuklinggau_2019-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ivoni Susanti_STKIP PGRI Lubuklinggau_2019-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Metode penelitian kuatitatif dan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukan ada pengaruh model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,20 dan 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 43,52 dan 61,81. Hasil tersebut menunjukan ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 42,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 18,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Hasil belajar, Pair checks, Teaching methods, Lower secondary education, Junior high school students
Subjects: Medicine & Biology
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:50
Last Modified: 25 Sep 2023 03:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item
View Item