Peningkatan hasil belajar menggambar menggunakan autocad melalui penerapan model STAD berbasis portopolio siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Supratman, Supratman (2022) Peningkatan hasil belajar menggambar menggunakan autocad melalui penerapan model STAD berbasis portopolio siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Information Technology Education Journal, 1 (2): 15. pp. 78-84. ISSN 2809-7971

[thumbnail of 2809-7971_1_2_2022-15.pdf]
Preview
Text
2809-7971_1_2_2022-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung melalui penerapan model pembelajaran STAD berbasis portopolio pada siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri Paku. Subjek penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelas XI SMK Negeri Paku sebanyak 22 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis fortofolio dapat meningkatkan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung khususnya pokok bahasan Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof. Hal ini terbukti dari hasil analisis deskriptif pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan pada siklus II menunjukkan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof. dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00 persen. Hasil observasi juga menunjukkan adanya perubahan positip baik dari perilaku, sikap maupun keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PTK, Pembelajaran, STAD, Hasil Belajar, Learning methods, Application software, Vocational Schools
Subjects: Manufacturing Technology > Computer Aided Design (CAD)
Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:40
Last Modified: 26 Sep 2023 04:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item
View Item