Telaah TEC ionosfer di lintang rendah

Effendy, Effendy and Sarmoko, Saroso and S L Manurung, SLM (1999) Telaah TEC ionosfer di lintang rendah. Warta LAPAN, 1 (4): 2. pp. 14-19. ISSN 0126-9754

[thumbnail of Warta_Effendy_LAPAN_1999.pdf]
Preview
Text
Warta_Effendy_LAPAN_1999.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan mengetahui besarnya TEC (Total Electron Content) ionosfer di suatu lokasi dapat digunakan sebagai informasi faktor koreksi ionosfer bagi pengguna penerima GPS dalam hal tingkat akurasi pengukuran posisi berbasis satelit.
Mekanisme pembentukan TEC ionosfer pada dasarnya sangat tergantung pada kondisi setempat seperti waktu lokal, posisi geografi, aktivitas matahari, dan aktivitas magnet bumi.
Hasil pengukuran TEC dengan menggunakan Tecmeter type 7633A membuktikan variasi dari TEC mengikuti pola yang sesuai dengan perilaku foF2. Analisis data TEC untuk bulan September 1996 di Sumedang, menunjukan harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan pengukuran di lokasi lain (Cocos island), sehingga masih diperlukan data pembanding lainnya di berbagai tempat dengan data pengamatan jangka panjang dan kontinu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ionosphere, electron, satellite.
Subjects: Electrotechnology
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN > SAINS ANTARIKSA DAN ATMOSFER
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:16
Last Modified: 10 Nov 2023 02:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item
View Item