Peningkatan hasil belajar siswa kejuruan melalui contextual teaching and learning di Makassar

Labusab, Labusab (2022) Peningkatan hasil belajar siswa kejuruan melalui contextual teaching and learning di Makassar. Information Technology Education Journal, 1 (2): 13. pp. 69-72. ISSN 2809-7971

[thumbnail of 2809-7971_1_2_2022-13.pdf]
Preview
Text
2809-7971_1_2_2022-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (514kB) | Preview

Abstract

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Untuk mencapainya, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman Rendahnya perolehan rata-rata hasil belajar siswa, salah satunya disebabkan oleh metode mengajar yang diterapkan guru yang hanya menggunakan metode ceramah, diskusi informasi, karena metode mengajar mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing maka keberhasilan belajar bergantung pada ketepatan pemilihan metode dalam arti kesesuaian antara tujuan pokok dengan metode, situasi dan kondisi serta kepribadian guru yang mengajarkan materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Makassar dengan subyek penelitian siswa kelas X teknik permesinan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2021/2022. Dengan demikian, penerapan pembelajaran CTL dapat mengubah sikap dan perilaku siswa yang sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Contextual Teaching and Learning, Learning methods, Learning processes, Educational interaction process
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Control Systems & Control Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:07
Last Modified: 19 Sep 2023 05:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item
View Item