Pengembangan media pembelajaran inovasi permainan edukasi pemrograman dasar kelas X teknik komputer jaringan berbasis scramsis game

Sasmita and Mustari Lamada and Muh.Yusuf Mappeasse (2022) Pengembangan media pembelajaran inovasi permainan edukasi pemrograman dasar kelas X teknik komputer jaringan berbasis scramsis game. INTEC: Information Technology Education Journal, 1 (1). pp. 79-84. ISSN 2809-7971

[thumbnail of Jurnal_Sasmita_Uniersitas Negeri Makassar_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sasmita_Uniersitas Negeri Makassar_2022-16.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pemrograman Dasar yang berbasis Scramsis Game dan menguji kualitas Game Scramsis (Scramble Sintak) berdasarkan pada standar kualitas ISO 25010. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development dengan menggunakan model pengembangan waterfall yang meliputi komunikasi, perenanaan, pemodelan, konstruksi dan distribusi. uji kualitas functional Suitability dilakukan oleh 2 orang ahli media, sedangkan uji usability dilakukan oleh siswa kelas X TKJ SMK 10 Makassar. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Game Scramsis (Scramble Sintak) memiliki enam menu utama yaitu ayo main, cara main, profil, pegaturan, petunjuk, materi dan menu komunikasi dengan defeloper. Scramsis (Scramble Sintak) memiliki tiga level yang berbeda tingkat kesulitannya. Game Scramsis (Scramble Sintak) mendapatkan skor 86% pada uji kualitas functional suitability yang berarti sangat baik, X=1 pada pengujian kualitas compatibilty sehingga disimpulkan bahwa aplikasi game berada pada kategori baik. Sedangkan analisis usability yang dilakukan pengujian dengan 2 tahap yaitu pengujian kelompok kecil diperoleh 85% berdasarkan penilaian user berada pada kualifikasi sangat baik dan pengujian kelompok besar diperoleh 94% berdasarkan penilaian user berada pada kualifikasi sangat baik. Pengujian usability secara keseluruhan terdapat 30 responden

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game Scramsis (Scramble Sintak Pemrograman Dasar, Media Pembelajaran, Android, Unity, ISO 25010
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 01 Nov 2023 09:08
Last Modified: 01 Nov 2023 09:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item
View Item