Simulasi variabilitas iklim berbasis GCM untuk studi kekeringan dan banjir

Bambang Siswanto and Chalid and Harly Sunarly and Usep Setiawan (2000) Simulasi variabilitas iklim berbasis GCM untuk studi kekeringan dan banjir. Project Report. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bandung. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan_Bambang_LAPAN_2000.pdf]
Preview
Text
Laporan_Bambang_LAPAN_2000.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pola klimatik sinoptik berupa konsidi iklim basah dan kering wilayah Indonesia perioda tahun 1988 sampai dengan 1998 telah diteliti. Analisis dilakukan berdasarkan data observasi (hasil penelitian Departemen Pertanian) dan data hasil ekperimen simulasi model sirkulasi atmosfer global (AGCM) CSIRO 9-level (CSIRO9).
Pola klimatik sinoptik data observasi dibandingkan dengan hasil simulasi CSIRO9. Perbandingan antara pola sinoptik simulasi CSIRO9 dan obsevasi menyatakan kesesuaian, bahwa perioda 1998 sampai 1998, simulasi pada umumnya kondisi curah hujan di atas normal. Kondisi tersebut menungkinan untuk terjadi banjir terutama di daerah-daerah rawan banjir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:19
Last Modified: 01 Nov 2023 07:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item
View Item