Indikasi musim berdasarkan variasi tropopause untuk wilayah Indonesia

Mulyana Wirasasmita and Ipuk Widiyatmi and Soedono and Chrismantoro and Terson H (2000) Indikasi musim berdasarkan variasi tropopause untuk wilayah Indonesia. Project Report. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bandung.

[thumbnail of Laporan_Mulyana_LAPAN_2000.pdf]
Preview
Text
Laporan_Mulyana_LAPAN_2000.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kehidupan manusia tidak dapat mengabaikan keadaan atmosfer di lingkungannya, tidak hanya troposfernya saja tetapi juga stratosfernya. Begitu pula keadaan tropopause-nya yang merupakan kopeling antara troposfer dengan stratosfer. Perilaku tropopause yang khusus untuk wilayah Indonesia belum tersedia dengan baik, padahal atmosfer wilayah Indonesia termasuk sebagai daerah ekuator, daerah monsun, dan daerah tropis, sehingga keunikan perilaku ini perlu diteliti secara khusus.Hasil penelitian dengan melihat data aerologi wilayah Indonesia menunjukkan adanya perubahan panas yang cukup berarti terhadap Lapan-1979. Selain itu keadaan tropopause dapat digunakan sebagai indikasi musim.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Atmosfer, tropopause, musim, weather, atmosphere
Subjects: Atmospheric Sciences
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 26 Oct 2023 23:55
Last Modified: 27 Oct 2023 01:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20707

Actions (login required)

View Item
View Item