Winny Liliawati and Dhani Herdiwijaya (2011) Analisis kebutuhan astronomi terintegrasi berbasis kecerdasan majemuk (TKM) untuk membekalkan literasi astronomi. In: Prosidings Seminar Himpunan Astronomi Indonesia, 27 Okt 2011, Bandung.
Prosidings_W. Lilawati_Universitas Pendidikan Indonesia_2011.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Astronomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang menyelidiki benda langit dan isi jagad raya. Kaitan astronomi dengan cabang ilmu pengetahuan IPA lainnya seperti biologi, fisika, kimia, oseanografi, meteorologi, lingkungan, dan sebagainya, sangat erat karena jagad raya dengan isinya merupakan laboratorium untuk menguji teori untuk mengetahui karakteristik benda langit dalam skala makro. Oleh karena itu pentingnya ilmu astronomi diketahui agar melek (literasi) astronomi. Namun rendahnya pemahaman siswa SMP dan mahasiswa calon guru serta hasil TIMSS terhadap materi earth science mengindikasikan kurang berhasilnya sistem pembelajaran, kurikulum, dan kemampuan guru dalam mengajarkan astronomi di SMP. Artikel ini merupakan studi deskriptif mengenai permasalahan pendidikan astronomi ditinjau dari kurikulum di SMP, SMA, dan LPTK, dan implementasinya, serta dikaji pula solusi dari permasalahan tersebut yaitu model perkuliahan Astronomi Terintegrasi untuk membekali literasi Astronomi calon guru SMP.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Astronomi terintegrasi - Kecerdasan majemuk - Literasi |
Subjects: | Astronomy & Astrophysics |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 08:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 08:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20696 |