Validasi komprehensif model area terbatas untuk wilayah Indonesia

Suaydhi and Nurzaman Adikusumah and Romdon Hamdan (2005) Validasi komprehensif model area terbatas untuk wilayah Indonesia. Project Report. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bandung.

[thumbnail of Laporan_Suaydhi_LAPAN_2005.pdf]
Preview
Text
Laporan_Suaydhi_LAPAN_2005.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, kinerja model iklim area terbatas dikaji secara lebih mendalam. Kajian tidak hanya dilakukan dengan membandingkan luaran model dengan hasil pengamatan secara langsung, namun juga dilihat variabilitas temporal dan spasialnya melalui teknik principal component analysis (PCA). Dua variabel iklim yang berbeda karakter, curah hujan yang merupakan varibel iklim lokal dan tekanan muka laut yang berskala regional, dari model DARLAM dibandingkan dengan pengamatan untuk melihat kemampuan model dalam mensimulasikan iklim Indonesia baik yang berskala lokal maupun regional. Hasil perbandingan antara model dengan pengamatan menunjukkan bahwa variable iklim yang berskala besar lebih mudah disimulasikan oleh model. Untuk curah hujan, model hanya mampu mensimulasikan osilasi tahunan secara umum, namun belum mampu mensimulasikan penyebaran spasial maupun pengaruh fenomena El Nino atau La Nina dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kinerja model iklim, iklim, curah hujan, model DARLAM, climate, weather conditions
Subjects: Atmospheric Sciences
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 26 Oct 2023 23:50
Last Modified: 26 Oct 2023 23:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item
View Item