Strategi koping mahasiswa keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri selama pembelajaran jarak jauh

Endah, Tri Wijayanti (2021) Strategi koping mahasiswa keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri selama pembelajaran jarak jauh. Jurnal Nusantara Medika, 5 (1): 6. pp. 43-48. ISSN 2963-3311

[thumbnail of Jurnal_Endah Tri Wijayanti_Univ. Nusantara PGRI Kediri-2021-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Endah Tri Wijayanti_Univ. Nusantara PGRI Kediri-2021-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (198kB) | Preview

Abstract

Perkuliahan jarak jauh selama pandemi telah menciptakan kebiasaan baru dalam proses pembelajaran. Perubahan tersebut memberikan dampak psikologis terhadap mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi koping mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan sampel seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan keperawatan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi koping mahasiswa dalam kategori sedang sebesar 70% dan rata-rata menggunakan strategi behavioral disengagement sebesar 7,2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah mahasiswa telah mengembangkan sistem adaptasi dalam menghadapi situasi pembelajaran selama pandemi namun mereka juga merasakan bahwa pandemi merupakan tekanan eksternal yang terjadi diluar kontrol mereka sehingga mereka hanya bisa pasrah menghadapi perubahan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Koping, Pandemi, Pembelajaran jarak jauh, Mahasiswa perawat, Nursing students, Electronic learning, Pandemics, Covid-19, Adjustment (psychology)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:02
Last Modified: 16 Aug 2023 06:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item
View Item