Hubungan faktor harapan dengan kejadian depresi pada lansia (Studi di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Blitar di Tulungagung)

Dhian, Ika Prihananto and Norma, Risna Sari (2021) Hubungan faktor harapan dengan kejadian depresi pada lansia (Studi di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Blitar di Tulungagung). Jurnal Nusantara Medika, 5 (1): 5. pp. 35-42. ISSN 2963-3311

[thumbnail of Jurnal_Dhian Ika Prihananto_Univ. Nusantara PGRI Kediri_2021-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dhian Ika Prihananto_Univ. Nusantara PGRI Kediri_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB) | Preview

Abstract

Depresi merupakan kondisi emosional seseorang yang biasanya ditandai dengan kesedihan yang amat sangat, perasaan tidak berarti dan bersalah, menarik diri dari orang lain, tidak dapat tidur, kehilangan selera makan, hasrat seksual, dan minat serta kesenangan dalam aktivitas yang biasa dilakukan. Lansia merupakan kelompok yang paling rentan mengalami depresi. Pada dasarnya orang yang lanjut usia akan kehilangan semangat hidup, terlebih apabila mereka sudah memikirkan berbagai keinginan yang selama ini belum terpenuhi, perasaan bersalah terhadap keluarga atau pasangan akan semakin mendorong rasa depresi menjadi lebih berat. Penelitian ini merupakan penelitian mix method, desain studi case- control. Populasi studi yaitu lansia yang mengalami depresi di di UPT Pelayanan Lanjut Usia Blitar di Tulungagung. Sampel terdiri dari 26 kasus dan 26 kontrol yang diambil secara consecutive sampling. Instrument penelitian adalah Skala pengukuran depresi pada lansia (Beck), kuesioner wawancara. Analisis data secara univariat, bivariat (chi-square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang harapan belum terpenuhi pada kelompok kasus sebanyak 9 responden (34,6%) dan pada kelompok kontrol sebanyak 2 responden (7,7%). Hasil uji bivariat (chi-square) diperoleh nilai p=0,042 OR=6,353 95%CI=1,216-33,191. Simpulannya terdapat hubungan antara faktor harapan dengan kejadian depresi pada lansia. Lansia yang harapannya belum terpenuhi memiliki risiko 6,353 kali lebih besar untuk menderita depresi dibandingkan lansia yang harapannya terpenuhi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Faktor harapan, Depresi pada lansia, Older people, Mental depression,
Subjects: Health Resources > Health Services
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:58
Last Modified: 16 Aug 2023 05:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item
View Item