Model-model pembelajaran ekonomi yang dapat meningkatkan daya pikir kreatif

Alfin, Nur Laili (2022) Model-model pembelajaran ekonomi yang dapat meningkatkan daya pikir kreatif. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 2 (1): 2. pp. 7-15. ISSN 2807-5420

[thumbnail of Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan]
Preview
Text (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan)
2807-5420_2_1_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (797kB) | Preview

Abstract

Kecakapan manusia untuk dapat berpikir kreatif hingga detik ini masih menjadi perkara yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kecakapan ini telah ada di setiap individu, namun baik atau tidaknya tergantung dari latihan pengembangannya, semakin sering diasah dan dikembangkan maka akan semakin baik daya pikir kreatifnya. Di era globalisasi yang serba cepat tanpa kemampuan berpikir kreatif individu cenderung stagnan dan hanya mengikuti sekitar tanpa memiliki inovasi yang membuatnya berkembang. Salah satu cara melatih dan mengembangkannya yakni melalui kegiatan di kelas berupa pembelajaran dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik atau guru. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para pendidik dalam menetapkan model pembelajaran yang serasi dengan keadaan untuk dapat meningkatkan daya pikir kreatif peserta didik. Analisis deskriptif disini menjadi metode penelitian yang digunakan dengan tinjauan studi literatur dari berbagai jurnal ilmiah dari Scopus, Sinta, Eric, Neliti, Garba, Sage, Research Gate, Elsevier, Science Direct, dan Google Scholar, lalu diseleksi untuk mendapatkan jurnal ilmiah yang sesuai dengan fokus pembahasan pada penelitian ini. Hasil penelitian ditemukan ada enam model pembelajaran yang terbukti dapat meningkatkan daya pikir kreatif peserta didik SMA pada mata pelajaran Ekonomi yaitu model pembelajaran NHTD-STAD, model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Quantum, model pembelajaran Treffinger, dan model pembelajaran Group Investigation. Berikut pengertian dan bukti hasil penerapannya:

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Daya Pikir Kreatif, Pembelajaran Ekonomi, Learning models (stochastic processes), Thinking skills, Economics
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:27
Last Modified: 11 Sep 2023 08:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item
View Item