Variasi data vertikal temperatur dan kelembapan hasil observasi Satelit Formosat-3/Cosmic GPS Radio Occultation si wilayah Indonesia (Analisis dinamika Troposfer dan Stratosfer)

Noersomadi and Tiin Sinatra (2012) Variasi data vertikal temperatur dan kelembapan hasil observasi Satelit Formosat-3/Cosmic GPS Radio Occultation si wilayah Indonesia (Analisis dinamika Troposfer dan Stratosfer). In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Noersomadi_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Noersomadi_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan analisis statistik terhadap data vertikal temperatur dan kelembapan hasil pengamatan satelit FORMOSAT3/COSMIC GPS Radio Occultation (GPSRO)Data yang digunakan berupa data grid vertikal (0-40 km) dengan resolusi 100 m. Analisis data observasi GPSRO difokuskan dalam zona wilayah Indonesia (90° 150° BT dan 12°LS - 7°LU)Rata-rata temperatur dan kelembapan spesifik pada ketinggian 100 m selama lima tahun periode pengamatan (2007-2011) adalah 299,97 K dan 16,6 g/kg. Investigasi anomali temperatur dan kelembapan spesifik di lapisan troposfer menunjukkan korelasi positif yang memperlihatkan siklus tahunan. Hal tersebut sesuai dengan teori bahwa temperatur tinggi meningkatkan kapasitas uap air di atmosfer dan merepresentasikan banyaknya kandungan uap air. Fluktuasi temperatur di lapisan stratosfer lebih tinggi bila dibandingkan dengan di lapisan toposfer, yang merepresentasikan gangguan gelombang atmosferKontur anomali temperatur pada ketinggian 20 30 km terhadap waktu mendeskripsikan pola gangguan atmosfer yang disebut sebagai Quasi Biennial Oscillation. Dari hasil-hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa data vertikal atmosfer hasil observasi FORMOSAT3/COSMIC GPSRO dapat dimanfaatkan untuk analisis skala meso.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: fluktuasi temperatur dan kelembapan, GPSRO
Subjects: Atmospheric Sciences > Aeronomy
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:52
Last Modified: 18 Oct 2023 08:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item
View Item