Analisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi

Hestin Sri Widiawati and Linawati (2022) Analisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi. JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi), 7 (1): 2. pp. 11-21. ISSN 2721-9313

[thumbnail of Jurnal_Hestin Sri Widiawati_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2022-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hestin Sri Widiawati_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2022-2.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview

Abstract

Tujuan berdirinya suatu perusahaan tidak lain yaitu untuk mendapatkan laba yang tinggi, hal tersebut dapat tercapai jika perusahaan dapat melakukan penjualan yang tinggi pula. Untuk itu perusahaan diharuskan dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya. Nilai perusahaan sangat mempengaruhi keputusan calon investor untuk menanamkan modalnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Pemilihan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan ketentuan sebagai berikut: Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Perusahaan yang tetap di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai dari tahun 2014-2018, Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)) yang mempublikasikan laporan keuangan dan laporan tahunan periode 2014-2018, Perusahaan yang melaporkan Corporate Social Responsibility (CSR). Sehingga dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 12 Perusahaan dan dikali dengan tahun penelitian yaitu 5 tahun, sehingga memperoleh 60 sampel . Analisis data menggunakan analisis regresi moderasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,031. Leverage yang diproksikan dengan DER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai perusahaan, dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,012. Pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,082. Pengungkapan CSR mampu memoderasi hubungan antara Leverage terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,000. Dan secara simultan Profitabilitas, Leverage, moderasi CSR terhadap Profitabilitas, dan moderasi CSR terhadap Leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikan uji f sebesar 0,000. Hasil penelitinan ini diharapkan dapat memberi saran sebagai bahan pertimbangan kepada perusahaan khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selain meningkatkan kineja keuangan juga meningkatkan Corporate Social Responbility. Sedangkan untuk investor dapat dijadikan gambaran bahwa selain melihat laporan keuangan juga harus memperhatikan Corporate Social Responbility suatu perusahaan yang nantinya akan dijadikan tempat untuk berinvestasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitability, Leverage, Corporate social responsibility, Indonesia stock exchange
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:39
Last Modified: 27 Jul 2023 04:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20115

Actions (login required)

View Item
View Item