Metode reduksi Noise internal Sinyal Echo radar presipitasi dengan Low Pass filter

Ginaldi Ari Nugroho and Asif Awaludin and Soni Aulia Rahayu (2012) Metode reduksi Noise internal Sinyal Echo radar presipitasi dengan Low Pass filter. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Ginaldi_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ginaldi_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makalah ini akan membahas tentang pengembangan metode pengolahan sinyal dengan memanfaatkan sinyal radar kapal untuk mendeteksi presipitasi. Sinyal echo dari radar mengandung nilai balikan (feedback) dari droplet hujan yang dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi hujan, namun noise internal yang muncul dari rangkaian elektronik radar berpengaruh terhadap sinyal echoMetode untuk mengurangi atau mereduksi noise internal dilakukan dengan penggunaan filter ButterworthTeknologi op-amp tipe ADA4861 memungkinkan terwujudnya sistem filter pada frekuensi sinyal tinggiFilter ini akan menghilangkan sinyal diatas frekuensi cuttoffsehingga hanya sinyal echo yang keluar dari filterIdentifikasi noise internal untuk penentuan frekuensi cutoff menggunakan spektrum analyzer menunjukkan frekuensi noise cutoff di atas 800 MHz Penentuan nilai kapasitor dan resistor pada op-amp berdasarkan konfigurasi sallen key filter butterworthFilter butterworth dengan konfigurasi low pass filter akan mengurangi riak noise internal sebesar 80%. Sinyal hasil filter kemudian diolah kembali oleh ADC untuk digitasi sinyal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sinyal, Echo, Operational amplifier, filter, Butterworth, Noise
Subjects: Electrotechnology > Power & Signal Transmission Devices
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pengelolaan Fasilitas Litbangyasa dan Pemanfaatan > Bidang Sains dan Teknologi Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:16
Last Modified: 11 Oct 2023 06:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item
View Item