Analisis emisi gas CO2 di Indonesia

Toni Samiaji and Tiin Sinatra (2010) Analisis emisi gas CO2 di Indonesia. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Toni_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Toni_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gas CO₂ merupakan bagian dari gas rumah kaca. Permasalahan yang dihadapi dari data emisi gas CO₂ yang ada di Indonesia dianggap masih jauh dari lengkap, sehingga diperlukan data baru untuk melengkapi data yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakter emisi Gas CO2 di Indonesia. Data yang digunakan di sini adalah data luas lahan hutan dari Departemen Kehutanan, luas lahan pertanian dari situs BPS, luas lahan banjir dari situs BNPB, luas hutan yang terbakar dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, dan data emisi CO₂ didownload dari UNFCCC, CDIAC. Emisi dihitung dengan mengalikan faktor emisi dengan statistik. Statistik di sini bisa pemakaian bahan bakar, luas lahan dan sebagainya. Sebagai hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa emisi CO₂ dari konsumsi bahan bakar menempati yang terbesar, untuk tahun 2005 sekitar 437 juta ton. Hutan dan lahan pertanian tidak saja saat terjadi kebakaran mengemisikan CO₂ tetapi juga saat tidak terjadi kebakaran pun mengemisikan CO₂ sekitar 103 juta ton pada tahun 2005. Dari segi penggunaan energi, konsumsi biomasa mengemisikan CO₂ terbesar yakni sekitar 160 juta ton pada tahun 2005, sektor yang mengemisikan CO2 terbesar adalah sektor rumah tangga yakni sekitar 174 juta ton pada tahun 2005.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: gas, CO₂ dan emisi
Subjects: Environmental Pollution & Control > Radiation Pollution & Control
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 02 Oct 2023 00:49
Last Modified: 02 Oct 2023 00:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item
View Item