Identifikasi perubahan distribusi curah hujan di Indonesia akibat dari pengaruh perubahan iklim global

Krismianto (2010) Identifikasi perubahan distribusi curah hujan di Indonesia akibat dari pengaruh perubahan iklim global. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Krismianto_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Krismianto_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unsur iklim yang paling berperan sebagai penyebab bencana banjir dan kekeringan adalah curah hujan. Pengukuran curah hujan dalam areal yang luas di atas daratan maupun lautan merupakan kebutuhan yang nyata untuk mengetahui variabilitas distribusi curah hujan. Untuk melakukan pengukuran curah hujan dalam areal yang luas di atas daratan maupun lautan akan sulit dilakukan jika hanya menggunakan data penakar hujan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan satelit. Salah satu satelit yang dapat melakukan pengamatan terhadap curah hujan adalah satelit Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM). Pengaruh monsun sangat kuat terhadap pola distribusi curah hujan di wilayah Indonesia. Adanya pengaruh dari pemanasan global dapat menyebabkan peningkatan jumlah curah hujan pada saat musim penghujan dan perluasan wilayah kekeringan pada saat musim kemarau untuk beberapa wilayah di Indonesia sehingga pengaruh dari perubahan iklim global tersebut akan dapat memperparah kondisi bencana banjir dan kekeringan di Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Curah hujan, TRMM, Perubahan iklim, Banjir, Kekeringan
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 01 Oct 2023 07:39
Last Modified: 01 Oct 2023 07:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item
View Item